Struktur Kurikulum SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus tahun ajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut:
Komponen
|
Kelas
dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
·
Mata
Pelajaran
|
|
|
|
·
Pendidikan
Agama Islam
|
3
|
3
|
3
|
·
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
·
Bahasa
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
·
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
·
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
·
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
·
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
·
Seni
Budaya
|
2
|
2
|
2
|
·
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
·
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
Total
|
32
|
32
|
32
|
·
Muatan
Lokal
|
|
|
|
·
Bahasa
Arab
|
2
|
2
|
2
|
·
Fiqh
|
2
|
2
|
2
|
·
Aqidah-Akhlaq
|
1
|
1
|
1
|
·
Tarikh
Islam
|
2
|
2
|
2
|
·
Al-Quran
|
1
|
1
|
1
|
·
Hadits
|
1
|
1
|
1
|
·
Nahwu
|
1
|
1
|
1
|
·
Shorof
|
1
|
1
|
1
|
·
Imla'
|
1
|
1
|
1
|
·
Bahasa
Jawa
|
1
|
1
|
1
|
·
Keterampilan
|
1
|
1
|
1
|
·
ECC
(English Conversation Club)
|
2
|
2
|
2
|
·
ACC
(Arabic Conversation Club)
|
2
|
2
|
2
|
·
Tahfidz
|
1
|
1
|
1
|
·
Mentoring
|
1
|
1
|
1
|
Total
|
20
|
20
|
20
|
Sub
Total
|
56
|
56
|
56
|
·
Pengembangan
Diri
|
|
|
|
·
Pramuka/Pandu
Hidayatullah
|
2
|
2
|
2
|
·
Seni
Bela Diri
|
2
|
2
|
2
|
·
Komputer
|
2
|
2
|
2
|
·
Pidato
(muhadloroh)
|
2
|
2
|
2
|
·
Pembinaan
keasramaan
(mental spiritual & kemandirian)
|
2
|
2
|
2
|
·
Kajian
Hadist Nabawi
|
2
|
2
|
2
|
Sub total
|
10
|
10
|
10
|
Jumlah Total
|
62
|
62
|
62
|
* Mapel PAI dikembangkan di Mata Pelajaran Diniyah dan Muatan Lokal
** Tambahan atau pengurangan alokasi jam pelajaran dari Diknas
*** Jam pelajaran yang
diberikan di luar jam pelajaran formal
Keterangan :
·
Mata
Pelajaran
Mata pelajaran yang terdiri dari 10 mapel. Merupakan kegiatan
kurikuler, kegiatan terstruktur dan tugas mandiri. Penambahan alokasi waktu
pada mata pelajaran tertentu yaitu Pendidikan Agama, eksplorasi bidang studi
untuk materi bahasa Inggris, Matematika, IPA, Bahasa Indonesia karena dipandang
perlu untuk mencapai visi, misi dan tujuan sekolah serta untuk memenuhi
pencapaian standar kelulusan ujian nasional pada tahun-tahun yang akan datang.
Pengurangan alokasi waktu untuk mata pelajaran Seni Budaya dan Pendidikan
Kewarganegaran dimaksudkan untuk lebih mengefektifkan mata pelajaran yang
dipandang berat, khususnya mapel yang ikut dalam UN. Mata pelajaran Seni Budaya
yang dilaksanakan adalah seni menggambar, seni baca Alqur’an, nasyid, yang
disesuaikan dengan potensi, sumber daya dan sarana prasarana yang tersedia.
Mata pelajaran TIK difokuskan pada pengenalan dan pengembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam rangka membekali siswa mengembangkan
(kecakapan hidup) life skill dalam menyongsong era globalisasi.
·
Muatan
Lokal
Muatan Lokal yang dilaksanakan adalah :
·
Bahasa
Arab
·
Bahasa
Jawa
·
Hadits
·
Imla'
·
Nahwu/Shorof
·
Fiqh
·
Tarikh
Islam
·
Aqidah-Akhlaq
·
Al-Quran
·
Keterampilan
·
ECC
(English Conversation Club)
·
ACC
(Arabic Conversation Club)
·
Mata
Pelajaran
Mata Pelajaran beserta alokasi waktu berpedoman pada struktur
kurikulum di atas meliputi :
·
Pendidikan
Agama
Meliputi: Materi Agama Islam
yang terdiri dari Alqur'an, Aqidah/Akhlaq, Fiqh, Tarikh, Hadits, Bahasa Arab,
Nahwu/Shorof dan Imla', mengingat bahwa SMP Islam Integral Luqman Al Hakim
Kudus adalah sekolah yang berbasis pondok pesantren yang kental dengan
nilai-nilai keilmuan dan spiritualitas agama Islam sehingga cakupan, kedalaman
dan ruang lingkup materi perlu diperluas.
Tujuan: Menerapkan Aqidah
Islamiyah dengan etika dan akhlaq yang terpuji dalam kehidupan sehari-hari
seperti yang dicontohkan Rasulullah S.A.W., para sahabat dan salafus sholeh.
·
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
Tujuan: Memberikan pemahaman
kepada siswa tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dan pentingnya
penanaman rasa persatuan dan kesatuan.
·
Bahasa
Indonesia
Tujuan: Membina keterampilan berbahasa
Indonesia secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan Bahasa Indonesia
sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap IPTEK.
·
Bahasa
Inggris
Tujuan: Membina keterampilan
berbahasa Inggris dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menyongsong
perkembangan IPTEK dan era globalisasi.
·
Matematika
Tujuan: Memberikan pemahaman
logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka penguasaan IPTEK.
·
Ilmu
Pengetahuan Alam (meliputi Fisika, Biologi dan Kimia)
Tujuan: Memberikan pengetahuan
dan keterampilan kepada siswa untuk menguasai dasar-dasar ilmu Sains dalam
rangka penguasaan IPTEK.
·
Ilmu
Pengetahuan Sosial
Meliputi:
Sejarah, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi
Tujuan: Memberikan pengetahuan
sosio-cultural masyarakat yang majemuk, mengembangkan kesadaran hidup
bermasyarakat serta memiliki keterampilan hidup secara mandiri.
·
Seni
Budaya
Tujuan: Mengembangkan apresiasi
seni, daya kreasi dan kecintaan pada seni budaya nasional.
·
Pendidikan
jasmani, olah raga dan kesehatan
Tujuan: Menanamkan kebiasaan
hidup sehat, meningkatkan kebugaran dan keterampilan dalam bidang olah raga,
menanamkan sportifitas, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri pada siswa.
·
Keterampilan/Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Tujuan: Memberikan keterampilan
di bidang teknologi informatika dan
keterampilan elektronika sesuai bakat dan minat siswa.
·
Muatan
Lokal
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan
kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk
keunggulan daerah, kebutuhan akan pengembangan sosial dan praktek keagamaan.
Sedangkan sekolah dapat menambah muatan lokal dengan tetap mengacu
pada ketentuan Dinas pendidikan Kabupaten/Kota yang disesuaikan dengan kondisi
dan daya dukung satuan pendidikan. Muatan lokal di SMP Islam Integral Luqman al
Hakim adalah sebagai berikut:
·
Bahasa
Arab
Tujuan: Mengembangkan
kompetensi berbahasa Arab guna membantu siswa memahami ilmu diniyah dan bahasa
komunikasi dunia Islam.
·
Fiqh
Tujuan: Memberikan pemahaman
dan aplikasi dasar-dasar hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan
Al-Quran dan As- Sunnah.
·
Tarikh
Islam
Tujuan: Memberikan pengetahuan
dan membangkitkan jiwa-jiwa kepahlawanan dalam diri siswa akan sejarah
perjuangan Islam yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabat
serta para ulama’ pemimpin ummat.
·
Aqidah-Akhlaq
Tujuan: Memperkokoh prinsip
ketuhanan, memiliki militansi, meluruskan orientasi dan tujuan hidup yang benar
sesuai syariat dan ajaran Islam, serta mengajarkan dan mengaplikasikan akhlaqul
karimah dalam kehidupan sehari-hari.
·
Al-Quran
Tujuan: Membimbing siswa membaca (tilawah), menerjemahkan (tarjamah),
dan menghafal (tahfidz) Al-Quran sehingga siswa lebih akrab dengan kitab
sucinya.
·
Hadits
Tujuan: Memberikan pemahaman
kepada siswa tentang hadits-hadits Rasululloh SAW sehingga mampu
mengamalkannya.
·
Imla'
Tujuan: Membimbing siswa agar
dapat menulis huruf Arab/huruf Hijaiyah sesuai dengan kaidah yang benar.
·
Nahwu/Shorof
Tujuan: Membimbing siswa dalam
mendalami kaidah tata bahasa Arab.
·
Bahasa
Jawa
Tujuan: Melestarikan budaya
Jawa yang merupakan warisan leluhur.
·
ECC
(English Conversation Club)
Tujuan: Melatih dan membiasakan
siswa berkomunikasi lisan aktif dengan menggunakan bahasa Inggris dalam
kegiatan sehari-hari.
·
ACC
(Arabic Conversation Club)
Tujuan: Melatih dan membiasakan
siswa berkomunikasi lisan aktif dengan menggunakan bahasa Arab dalam kegiatan
sehari-hari.
0 komentar:
Posting Komentar