29 Desember 2011

PROFIL LULUSAN

  Aspek Mental Spiritual

·        Beraqidah lurus dan benar
Indikator:
·        Menerima dan tunduk secara penuh kepada hukum Allah SWT.
·        Mempunyai ghirah keislaman yang tinggi, serta peka terhadap masalah-masalah umat Islam.
·        Bangga terhadap Islam, haus akan informasi keislaman/aktif dalam kegiatan pembinaan rohani.
·        Mampu ber-amar ma'ruf  (mengajak kebaikan).
·        Mampu ber-nahi munkar (mencegah diri sendiri maupun orang lain dalam melakukan kemaksiatan dan kemungkaran)
·        Berbudaya Islami (menundukkan pandangan, menjaga pergaulan, memperhatikan model pakaian, memilah dan memilih perkembangan gaya hidup).
·        Menjauhi dosa-dosa kecil maupun besar.
·        Menjauhkan anggota tubuh dari segala yang makruh apalagi haram.
·        Bebas dari takhayul, bid’ah dan khurafat.
·        Beribadah benar dan Istiqomah
Indikator:
·        Mampu melaksanakan thoharoh dengan benar (mensucikan hadats dan najis: wudlu, tayamum dan mandi junub)
·        Senang sholat fardlu berjamaah di masjid
·        Sering melaksanakan sholat lail
·        Terbiasa sholat sunnah rowatib
·        Berpuasa di bulan Ramadhan dan sering berpuasa sunnah
·        Selalu membaca Al-Quran dengan tartil
·        Selalu membaca dzikir ba’da sholat
·        Terbiasa berdoa pada waktu-waktu utama
·        Mampu merawat jenazah
·        Sering berinfaq dan bershodaqoh
·        Berakhlaq mulia
·        Berkecakapan intrapersonal
Indikator:
·        Senantiasa optimis dan berfikir positif
·        Bersabar dalam menghadapi berbagai keadaan (senang ataupun susah) dan tidak mudah marah
·        Selalu bersemangat, mampu memotivasi diri sendiri, tidak suka mengeluh, selalu ingin maju dan berprestasi
·        Tekun, ulet dan tidak mudah putus asa
·        Rajin dalam melaksanakan tugas
·        Memiliki kemandirian
·        Dapat memecahkan persoalan sehari-hari
·        Dapat mengatur keuangannya sendiri
·        Dapat mengatur waktu sehari-hari dengan kegiatan positif
·        Dapat mencuci, menyeterika dan merapikan pakaiannya sendiri
·        Dapat menjaga barang-barang inventaris pribadi
·        Mampu melaksanakan sholat, puasa, membaca Alqur'an dengan penuh kesadaran
·        Mampu belajar sendiri dengan baik.
·        Memiliki karakter disiplin
·        Tidak sombong/takabbur, ujub dan penyakit hati lainnya
·        Menjauhi perbuatan iri, dengki dan hasud
·        Jujur dan tidak suka bohong
·        Tidak berkata kotor, mencaci maki, mengumpat
·        Kuat dalam memegang prinsip tidak mudah terpengaruh hal buruk
·        Percaya diri (self confidence).
·        Memiliki kecakapan interpersonal (sosial)
Indikator:
·        Menyebarluaskan senyum, salam dan salaman
·        Mudah bergaul dan berani menyapa orang yang belum dikenal
·        Menepati janji dan dapat dipercaya
·        Hormat dan berbakti kepada orang tua guru dan pengasuh
·        Mematuhi nasehat orang tua/guru/pengasuh
·        Berjabat dan mencium tangan kepada orang tua/guru/pengasuh
·        Mendoakan kedua orang tua/guru/pengasuh
·        Berbicara lemah lembut, santun dan jujur kepada orang tua/guru/pengasuh
·        Memberi dan meminta maaf kepada orang tua/guru /pengasuh
·        Hormat kepada yang lebih tua dan sayang kepada yang lebih muda
·        Rukun dan toleran kepada sesama
·        Mampu berempati terhadap orang lain
·        Tidak menghina atau meremehkan orang lain
·        Memiliki kepekaan lingkungan
Indikator:
·        Peduli terhadap kebersihan, kerapihan, dan keindahan lingkungan sekitarnya
·        Membuang sampah pada tempatnya
·        Menjaga keutuhan fasilitas umum
·        Aspek Akademik
Tuntas dalam belajar (mastery learning)
·        Siswa menguasai 75 % kompetensi dasar seluruh materi pelajaran yang sudah ditentukan Departemen Pendidikan Nasional
·        Rata-rata nilai UN minimal 6,5
·        Tartil membaca, menerjemah dan menghafal sebagian ayat-ayat Al- Qur’an dan Al-Hadist
·        Mampu membaca Al-Qur’an dengan murottal dan fasih
·        Mampu membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an minimal 3 kali dalam setahun
·        Mampu menerjemahkan Al-Qur’an minimal 2 juz (juz 1 dan juz 30)
·        Mampu menghafalkan Al-qur’an minimal 2 juz (juz 1 dan juz 30)
·        Mampu menghafal ayat-ayat pilihan
·        Mampu memahami sebagian hadist yang terdapat dalam kitab Riyadlus Sholihin
·        Hafal wirid pagi dan petang
·        Hafal wirid ba’da Isya’
·        Hafal bacaan-bacaan sholat dan dzikir
·        Hafal doa-doa utama harian
Aspek Psikomotor dan Keterampilan
·        Terampil berbahasa Arab/Inggris
·        Setiap hari efektif selalu menambah perbendaharaan kata yang dihafal
·        Memiliki minimal 750 kosa kata dalam bahasa Arab dan 750 kata (vocabulary) dalam Bahasa Inggris
·        Mampu membaca dengan lancar dan benar
·        Mampu menulis dan menuangkan gagasan dalam bentuk karangan sederhana.
·        Mampu menangkap gagasan lawan bicara
·        Mampu berdialog dalam percakapan sehari-hari
·        Mampu mengoperasikan program computer
·        Senang berkunjung ke laboratorium computer
·        Mampu mengoperasikan program MS. Office (word, excel, power point)
·        Mampu mengoperasikan program internet
·        Memiliki basic leadership
·        Berani berbicara di depan umum
·        Mampu mengumandangkan Adzan dan Iqomah dengan benar
·        Mampu menjadi imam sholat
·        Terampil dalam baris berbaris
·        Aktif di kepengurusan organisasi baik di OSIS (OPLH-Organisasi Pelajar Luqman al Hakim), maupun di kelas dan asrama
·        Mampu mengajak/melarang orang lain untuk mengerjakan sesuatu dalam rangka menegakkan kebenaran dan kedisiplinan
·        Mampu bekerja sama dalam sebuah tim kerja
·        Berkomunikasi dengan efektif
·        Lisan
·        Mampu menyampaikan gagasan dengan lisan minimal selama 7 menit dalam sebuah forum
·        Mampu mempresentasikan sebuah makalah di depan kelas
·        Mampu menceritakan kembali gagasan/ide dari sebuah literatur
·        Tulisan
·        Setiap siswa mampu menyusun minimal 1 buah karya tulis ilmiah
·        Setiap siswa mampu membuat proposal dan laporan kegiatan sederhana
·        Setiap siswa mampu menampilkan karya dalam mading atau media lainnya
·        Dapat menyajikan suatu konsep atau tema dalam bentuk peta pikiran
·        Mampu membuat resensi maupun ringkasan sebuah buku
·        Berketerampilan
·        Aktif mengikuti kegiatan ekstra kurikuler
·        Memiliki keterampilan sesuai dengan pilihan ekstrakurikuler yang diikuti
·        Berbadan sehat dan kuat
·        Tidak merokok
·        Jarang menderita sakit
·        Makan dengan teratur
·        Senang berolah raga
·        Bebas dari segala jenis zat adiktif dan psikotropika

0 komentar:

Posting Komentar