Aspek Mental Spiritual
· Beraqidah lurus dan benar
Indikator:
· Menerima dan tunduk secara penuh kepada hukum Allah SWT.
· Mempunyai ghirah keislaman yang tinggi, serta peka terhadap masalah-masalah umat Islam.
· Bangga terhadap Islam, haus akan informasi keislaman/aktif dalam kegiatan pembinaan rohani.
· Mampu ber-amar ma'ruf (mengajak kebaikan).
· Mampu ber-nahi munkar (mencegah diri sendiri maupun orang lain dalam melakukan kemaksiatan dan kemungkaran)
· Berbudaya Islami (menundukkan pandangan, menjaga pergaulan, memperhatikan model pakaian, memilah dan memilih perkembangan gaya hidup).
· Menjauhi dosa-dosa kecil maupun besar.
· Menjauhkan anggota tubuh dari segala yang makruh apalagi haram.
· Bebas dari takhayul, bid’ah dan khurafat.
· Beribadah benar dan Istiqomah
Indikator:
· Mampu melaksanakan thoharoh dengan benar (mensucikan hadats dan najis: wudlu, tayamum dan mandi junub)
· Senang sholat fardlu berjamaah di masjid
· Sering melaksanakan sholat lail
· Terbiasa sholat sunnah rowatib
· Berpuasa di bulan Ramadhan dan sering berpuasa sunnah
· Selalu membaca Al-Quran dengan tartil
· Selalu membaca dzikir ba’da sholat
· Terbiasa berdoa pada waktu-waktu utama
· Mampu merawat jenazah
· Sering berinfaq dan bershodaqoh
· Berakhlaq mulia
· Berkecakapan intrapersonal
Indikator:
· Senantiasa optimis dan berfikir positif
· Bersabar dalam menghadapi berbagai keadaan (senang ataupun susah) dan tidak mudah marah
· Selalu bersemangat, mampu memotivasi diri sendiri, tidak suka mengeluh, selalu ingin maju dan berprestasi
· Tekun, ulet dan tidak mudah putus asa
· Rajin dalam melaksanakan tugas
· Memiliki kemandirian
· Dapat memecahkan persoalan sehari-hari
· Dapat mengatur keuangannya sendiri
· Dapat mengatur waktu sehari-hari dengan kegiatan positif
· Dapat mencuci, menyeterika dan merapikan pakaiannya sendiri
· Dapat menjaga barang-barang inventaris pribadi
· Mampu melaksanakan sholat, puasa, membaca Alqur'an dengan penuh kesadaran
· Mampu belajar sendiri dengan baik.
· Memiliki karakter disiplin
· Tidak sombong/takabbur, ujub dan penyakit hati lainnya
· Menjauhi perbuatan iri, dengki dan hasud
· Jujur dan tidak suka bohong
· Tidak berkata kotor, mencaci maki, mengumpat
· Kuat dalam memegang prinsip tidak mudah terpengaruh hal buruk
· Percaya diri (self confidence).
· Memiliki kecakapan interpersonal (sosial)
Indikator:
· Menyebarluaskan senyum, salam dan salaman
· Mudah bergaul dan berani menyapa orang yang belum dikenal
· Menepati janji dan dapat dipercaya
· Hormat dan berbakti kepada orang tua guru dan pengasuh
· Mematuhi nasehat orang tua/guru/pengasuh
· Berjabat dan mencium tangan kepada orang tua/guru/pengasuh
· Mendoakan kedua orang tua/guru/pengasuh
· Berbicara lemah lembut, santun dan jujur kepada orang tua/guru/pengasuh
· Memberi dan meminta maaf kepada orang tua/guru /pengasuh
· Hormat kepada yang lebih tua dan sayang kepada yang lebih muda
· Rukun dan toleran kepada sesama
· Mampu berempati terhadap orang lain
· Tidak menghina atau meremehkan orang lain
· Memiliki kepekaan lingkungan
Indikator:
· Peduli terhadap kebersihan, kerapihan, dan keindahan lingkungan sekitarnya
· Membuang sampah pada tempatnya
· Menjaga keutuhan fasilitas umum
· Aspek Akademik
Tuntas dalam belajar (mastery learning)
· Siswa menguasai 75 % kompetensi dasar seluruh materi pelajaran yang sudah ditentukan Departemen Pendidikan Nasional
· Rata-rata nilai UN minimal 6,5
· Tartil membaca, menerjemah dan menghafal sebagian ayat-ayat Al- Qur’an dan Al-Hadist
· Mampu membaca Al-Qur’an dengan murottal dan fasih
· Mampu membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an minimal 3 kali dalam setahun
· Mampu menerjemahkan Al-Qur’an minimal 2 juz (juz 1 dan juz 30)
· Mampu menghafalkan Al-qur’an minimal 2 juz (juz 1 dan juz 30)
· Mampu menghafal ayat-ayat pilihan
· Mampu memahami sebagian hadist yang terdapat dalam kitab Riyadlus Sholihin
· Hafal wirid pagi dan petang
· Hafal wirid ba’da Isya’
· Hafal bacaan-bacaan sholat dan dzikir
· Hafal doa-doa utama harian
Aspek Psikomotor dan Keterampilan
· Terampil berbahasa Arab/Inggris
· Setiap hari efektif selalu menambah perbendaharaan kata yang dihafal
· Memiliki minimal 750 kosa kata dalam bahasa Arab dan 750 kata (vocabulary) dalam Bahasa Inggris
· Mampu membaca dengan lancar dan benar
· Mampu menulis dan menuangkan gagasan dalam bentuk karangan sederhana.
· Mampu menangkap gagasan lawan bicara
· Mampu berdialog dalam percakapan sehari-hari
· Mampu mengoperasikan program computer
· Senang berkunjung ke laboratorium computer
· Mampu mengoperasikan program MS. Office (word, excel, power point)
· Mampu mengoperasikan program internet
· Memiliki basic leadership
· Berani berbicara di depan umum
· Mampu mengumandangkan Adzan dan Iqomah dengan benar
· Mampu menjadi imam sholat
· Terampil dalam baris berbaris
· Aktif di kepengurusan organisasi baik di OSIS (OPLH-Organisasi Pelajar Luqman al Hakim), maupun di kelas dan asrama
· Mampu mengajak/melarang orang lain untuk mengerjakan sesuatu dalam rangka menegakkan kebenaran dan kedisiplinan
· Mampu bekerja sama dalam sebuah tim kerja
· Berkomunikasi dengan efektif
· Lisan
· Mampu menyampaikan gagasan dengan lisan minimal selama 7 menit dalam sebuah forum
· Mampu mempresentasikan sebuah makalah di depan kelas
· Mampu menceritakan kembali gagasan/ide dari sebuah literatur
· Tulisan
· Setiap siswa mampu menyusun minimal 1 buah karya tulis ilmiah
· Setiap siswa mampu membuat proposal dan laporan kegiatan sederhana
· Setiap siswa mampu menampilkan karya dalam mading atau media lainnya
· Dapat menyajikan suatu konsep atau tema dalam bentuk peta pikiran
· Mampu membuat resensi maupun ringkasan sebuah buku
· Berketerampilan
· Aktif mengikuti kegiatan ekstra kurikuler
· Memiliki keterampilan sesuai dengan pilihan ekstrakurikuler yang diikuti
· Berbadan sehat dan kuat
· Tidak merokok
· Jarang menderita sakit
· Makan dengan teratur
· Senang berolah raga
· Bebas dari segala jenis zat adiktif dan psikotropika
0 komentar:
Posting Komentar